Berita

Memperingati 1 Muharrom, Ponpes. Sabilurrosyad Gelar Pawai Obor

Memperingati 1 Muharrom, Ponpes. Sabilurrosyad Gelar Pawai Obor

Admin MSN | Sabtu, 30 September 2017 - 09:24:14 WIB | dibaca: 337 pembaca

Satu Muharram kali ini jatuh pada tanggal 21 September. Tidak sedikit yang bertanya "ada peringatan hari besar apa, kok kamis tanggal merah?".
Harus kita akui, tahun baru Islam sudah mulai terabaikan, bahkan oleh umat Islam sendiri. Kita lebih bahagia dan senantiasa menanti datangnya tahun baru Masehi yang rutin datang pada 1 Januari dibanding menunggu datangnya 1 Muharram.
Mungkin bisa dimaklumi, sebab negara kita lumrahnya menggunakan kalender Masehi, bukan Hijriah, sehingga tahun baru Islam menjadi jarang diperingati. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita sebagai umat Islam harus menghidupkan kembali kemeriahan masyarakat dalam menyambut tahun baru Hijriah. 
Seperti halnya yang rutin dilaksanakan di pondok-pondok pesantren, salah satunya adalah Pondok Pesantren Sabilurrosyad asuhan KH Marzuki Mustamar. Dalam rangka peringatan tahun baru Hijriah, pengurus pondok yang tidak ingin kehilangan momen dan semangat Muharram mengadakan beberapa rangkaian acara.
 "GEBYAR MUHARRAM 1439 H: MENEGUHKAN SEMANGAT MUHARRAM DALAM JIWA SANTRI" dipilih sebagai tajuk acara. Ada deretan lomba yang siap diikuti oleh para santri PP Sabilurrosyad, seperti lomba tartil, kreasi nadzam, fotografi dan masih banyak lagi lomba lainnya yang tidak kalah seru. 
Rangkaian kegiatan Gebyar Muharrom dibuka pada Kamis (28/9) di Masjid Nur Ahmad, Gasek. Hari berikutnya, Jumat (29/9), panitia lomba menggelar acara Pawai Obor untuk menghidupkan semangat para santri sebelum rentetan lomba dilaksanakan.
Kegiatan pawai obor tidak hanya diikuti oleh santri yang berdomisili di PP Sabilurrosyad, namun juga diramaikan oleh adik-adik dari TPQ Weru, SMPI Sabilurrosyad, dan SMAI Sabilurrosyad. 
"Sesuai dengan tema yang diusung, dan melalui perantara Pawai Obor, semoga bisa menumbuhkan kembali ghirah masyarakat untuk memeriahkan tahun baru kita, umat Islam". Tutur Mujlawidatul, salah satu panitia Gebyar Muharram. 
(Diah/Us) 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)