Opini

MSN Harus menjadi Pelopor Kebangkitan Literasi Santri

Admin MSN | Senin, 24 Juni 2019 - 22:53:05 WIB | dibaca: 121 pembaca

Oleh : Faiz'97

Perkembangan zaman berjalan sangat cepat. sepuluh tahun yang lalu mungkin kita tidak menyangka bahwa informasi dari seluruh dunia bisa kita lihat dalam sebuah layar gadget, kita pun sulit memprediksi sepuluh tahun kemudian apa yang akan terjadi, bisa jadi apa yang sekarang dianggap mustahil akan terjadi suatu saat nanti.

Perkembangan pesat yang terjadi dalam berbagai aspek seperti teknologi, ekonomi, dan berbagai hal lain merubah pola dan gaya hidup manusia dengan sangat drastis. Lalu apa hubungannya dengan santri ? pun juga dengan literasi ?

Seorang santri harus mampu menyelaraskan diri dengan zaman, santri harus bisa memahami betul medan dakwah yang sedang dihadapi sehingga ajaran yang disyiarkan mampu diterima tepat sasaran. saat ini kita memasuki masa dimana apa yang kita tulis dalam sebuah ruangan mampu dibaca oleh semua orang di belahan dunia di manapun dan kapan pun,  di sinilah santri harus turut andil dalam memanfaatkannya.

Kebangkitan literasi santri

Sudah saatnya kita ketahui bahwa kemudahan untuk menulis dan menyebarluaskan informasi mempunyai dampak negatif tersendiri. Banyak informasi palsu (hoax) dan berbagai tulisan yang bersifat provokatif bertebaran dengan leluasa dan sulit untuk dipantau, tak ketinggalan juga para penyebar ideologi radikal juga memanfaatkan kesempatan ini, fenomena semacam ini mudah kita jumpai di berbagai media sosial dan media-media lain.

Melihat relita diatas, sudah saatnya santri mengambil peran untuk mewarnai pesatnya perkembangan arus informasi. Sudah saatnya santri terjun dalam dunia literasi sebagai cara menyelaraskan dakwah dengan perkembangan zaman. Hal ini juga harus di imbangi dengan wadah yang tepat dan mampu menjadi fasilitas santri dalam menyalurkan literasi-literasi yang dibuat

MSN sebagai pelopor

Adanya sebuah media atau wadah menjadi sangat penting mengingat keterbatasan santri dalam mengakses beberapa teknologi, disinilah Media Santri NU (MSN) harus hadir untuk mendorong bangkitnya literasi santri. MSN harus hadir bukan hanya sebagai penyalur informasi atau literasi melainkan harus menjadi pelopor bangkitnya literasi santri. Edukasi tentang pentingnya literasi saat ini sangat dibutuhkan dalam dunia pondok pesantren agar pemikiran dan keilmuan pesantren yang menjadi ciri khas Nahdlatul Ulama’ (NU) mampu bertahan dan tetap dikenal diberbagai kalangan dan tetap mampu bertahan dari zaman ke zaman. (Editor : Tim MSN)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)