Berita

Ruh Bung Karno Hadir Di Upacara Kemerdekaan Ala Santri Gasek

Admin MSN | Minggu, 23 Juli 2017 - 16:48:01 WIB | dibaca: 159 pembaca

(17/08) MSN – “Maaf saya terbawa emosi saat membacakan teks pancasila, terasa secara ruhani Bung Karno hadir di tengah-tengah kita” Jelas Kiai Marzuki Mustamar sebagai pembina upacara sesaat setelah upacara kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ala santri di Pondok Pesantren Sabilurrosyad berakhir.


“Bung karno adalah nasionalis namun dia santri tulen. Sebelum melakukan apapun yang sekiranya penting beliau terlebih dahulu meminta fatwa dari Kiai Hasyim Asy’ari.” Tegas Kiai Marzuki dalam pidatonya. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam foto nisan Ir. Soekarno yang diambil oleh saudaranya terlihat jelas gambar Macan , ini menandakan karomah Presiden pertama RI ini dan karomah tidak akan diperoleh jika dia tidak rajin beribadah kepada Allah SWT.


 

Suasana upacara kemerdekaan RI ke-71 yang dilakukan di Pondok Pesantren yang lebih dikenal dengan Pondok Pesantren Gasek kali ini memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah peserta yang lebih banyak dan tatanan yang lebih teratur membuat pengibaran Sang Saka Merah Putih dan Bendera Nahdlatul Ulama (NU) berlangsung khitmat. Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Solawat badar menambah semarak dan ke khusyu-an prosesi upacara Kemerdekaan Indonesia.


Upacara yang dipimpin oleh Jumhur Hidayat, diikuti lebih dari 500 orang yang terdiri dari seluruh santri putra dan santri putri Pondok Pesantren Gasek, masyarakat umum dan santri dari pondok pesantren sekitar.


Pelaksanaan Upacara kemerdekaan ke-3 yang dilakukan Pondok Pesantren ini  dilakukan untuk menancapkan keyakinan pada seluruh santri bahwa NKRI adalah harga mati. Dengan menjaga kemerdekaan, mengisi kemerdekaan Indonesia, maka berarti menjaga seluruh aset islam yang ada di Indonesia. (Tri)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)