Isbat Nikah: Cara PAC Fatayat NU Gondanglegi Menggerakkan Masyarakat Taat UUD

Media Santri NU

11/10/2019,Gondanglegi – NU lahir sebagai ORMAS yang selalu membela NKRI dan mentaati aturan UUD yang telah menjadi salah satu pilar negara. Hal ini dibuktikan oleh PAC Fatayat NU Gondanglegi yang baru saja menikahkan 33 pasangan (red. meresmikan catatan di KUA). Hal ini merupakan bentuk kepedulian Fatayat NU Gondanglegi terhadap masyarakat. Serta menunjukan bahwa NU merupakan ORMAS baik yang taat pada hukum negara Indonesia.

Isbat Nikah yang digelar pada Jumat, 11 Oktober 2019 di Balai Desa Ketawang ini merupakan inisiatif Fatayat NU Gondanglegi dalam rangkaian hari Santri Nasional. “Setelah melihat banyak masyarakat yang tidak mempunyai surat nikah dan anak-anak mereka tidak punya akta serta proses mengurus lama/ enggan untuk mengurusi surat nikah maka kami fatayat kerja sama dengan Pengadilan Agama mengikuti isbat keliling sebagai pelayan umat mendampingi orang-orang yang belum punya surat nikah” tutur Siti Aminah, panitia isbat nikah.

Tidak hanya dapat surat nikah saja, kalau sudah resepsi isbat nikah para pasangan yang mengikuti acara tersebut juga akan mendapat bingkisan. Adapun cara mendata para calon peserta yakni dengan memberi sosialisasi di jama’ah-jama’ah diba’ dan tahlil sehingga tergerak mereka untuk mendaftar.

Rangkaian acara isbat nikah yang dilaksanakan Fatayat NU Gondanglegi ini tentunya bukti bahwa NU selalu mendukung aturan pemerintah dan selalu mengupayakan/ menggerakkan agar masyarakat agar taat aturan negara. (Oleh: Sidiq Nugroho/ Editor: Shofwan Hadi)

Leave a Reply

%d bloggers like this: