Pesantern Fathul ‘Ulum Kwagean Kediri

Pesantern Fathul ‘Ulum atau yang biasa disebut Pesantren Kwagean ini didirikan oleh KH. Abdul Hannan Ma’shum yang sejak umur 12 tahun sudah mondok di PP. Roudlotul ‘Ulum Kencong (sebelah timur Kwagean) yang diasuh oleh KH. Ahmadi dan KH. Zamroji Syaerozi.

Cikal bakal pesantren ini dimulai saat KH. Abdul Hannan Ma’shum mulai membuka pengajian umum di rumah mertuanya, dusun Kwagean, di bulan Maulid, Tahun 1980. Saat itu sudah dihadiri sekitar 96 peserta pengajian. Karena jumlah santri yang mengaji kian banyak, mau tidak mau KH. Hannan akhirnya pindah ke Kwagean Utara, membangun bangunan semipermanen, gubug dua kamar, untuk kegiatan pesantren. Delapan tahun kemudian, baru KH. Hannan dari hasil jerih payah beliau, membeli sebidang tanah untuk memperluas pondok.

Pesantren Fathul ‘Ulum merupakan lembaga yang ber-Aqidahkan Islam menurut Faham Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan menyelenggarakan program-program pendidikan madrasah formal dan non formal, pengajian, kursus-kursus, pelatihan dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Baca Juga : Pesan Untuk Santri

Leave a Reply

%d bloggers like this: