Hari Santri 2020, Ketua PWNU Jawa Timur Orasikan Santri Sehat

Hari Santri Nasional yang tiap tahunnya diperingati pada tanggal 22 Oktober selalu menjadi hari penting bagi seluruh santri dari Sabang sampai Merauke. Tak kalah pula, berbagai pesantren di Indonesia ikut menyemarakkan baik dengan upacara ataupun dengan sederetan lomba ala santri. Namun, ada yang berbeda dengan peringatan hari santri nasional tahun ini yang berada ditengah pandemi. Tahun ini, RMI mengusung tema “Santri sehat, Indonesia Kuat”.¬†

Pondok Pesantren Sabilurrosyad Malang merupakan salah satu pesantren yang ikut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) . Pada hari ini 22/10/2020 diselenggarakan upacara peringatan HSN yang dimulai  pada pukul 07:00 dengan diawali upacara bendera serentak dan real time di 9 titik pondok pesantren secara live melalui TV9.

Selain pandemi Covid-19 yang belum usai, tahun 2020 adalah tahun duka bagi kaum muslimin khususnya para santri yang banyak kehilangan seorang tauladan dan panutan yaitu para Kiai. Lantas apa yang harus dilakukan santri? Apakah hanya berduka tanpa melakukan apa-apa? Tidak. Santri harus mewarisi ilmu-ilmu kiai.

Pesan saya kepada santri yang pertama terlebih yang masih aktif dipondok ayok ngaji yang temenanan. Mumpung masih ada beberapa Kiai yang ditugaskan Allah membimbing kita, ayok ngaji yang sungguh-sungguh, warisi ilmu para Kiai“. Dawuh Abah Yai Marzuki dalam amanat upacara.

“Yang kedua, Kami himbau supaya santri berhati-hati dalam memilih Kiai. Bagi kami Kiai itu alim, ahlussunah wal jama’ah, cinta pada tanah air dan membela negaranya. Ikutilah Kiai sampai kita mewarisi karakternya”, lanjut beliau.

Di akhir amanatnya KH. Marzuki Mustamar berpesan untuk para santri agar hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengikuti program yang ada di pondok seperti pengajian, wiridan, istighosahan, sholawatan untuk mendapatkan ketenangan jiwa serta menjaga fikiran tetap fresh, tidak panik supaya sukses melewati pandemi Covid-19. 

Rangkaian upacara semakin meriah dengan dilantunkannya sholawat nahdliyin, mars hari santri, dan yalal wathon oleh seluruh peserta upacara. Oleh: Tim MSN

Leave a Reply

%d bloggers like this: