Syiir “ Tombo Ati “ dan Ngaji

Oleh : Rizky Muhammad F

     Menurut saya pribadi, selain sebagai tembang pujian, Syair “ Tombo Ati “ memiliki sebuah nilai moral yang sangat penting, yaitu “ TOMBONE ATI KUI YO NGAJI “ yang artinya “ OBAT HATI YA DENGAN MENGAJI “ mau tau ? mari kita kupas bersama :

Tombo Ati Iku Limo Sak Wernane

     Bahwa untuk mencapai hati yang sehat, hati yang bersih, ada 5 hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang mendambakan kebersihan hati.

Kaping Pisan Moco Al Qur’an Sak Maknane

     Membaca Al Qur’an Dengan Maknanya. Namun, makna yang dimaksud disini apakah makna secara letterleg ? atau makna lain ? seperti kita ketahui bahwa dalam pembelajaran Al Qur’an kita mengenal Ilmu Tafsir. Dan Ilmu Tafsir ini memiliki pembahasan yang sangat luas sekali. Tidak cukup 1 bulan 2 bulan untuk mempelajari dan mendalaminya. Dan belum lagi jenis jenis Tafsir itu bermacam macam, ada Tafsir Bir Riwaayah, Bir Ro’yi, dan Isyariy. Semua itu bisa kita fahami melalui mengaji. Jadi intinya ya harus MENGAJI.

Kaping Pindo Sholat Wengi Lakonono

     Lakukan Sholat Malam. Seperti apa tatacara Sholat Malam yang baik dan benar ? apa saja macam macam Sholat Malam ? Bagaimana niatnya ? apa saja amalan alaman yang ma’tsur dari Nabi SAW untuk Sholat Malam itu ? semua itu bisa diketahui dengan mengaji. Jadi intinya ya harus MENGAJI.

Kaping Tigo Wong Kang Sholeh Kumpulono

     Berkumpullah dengan orang orang saleh. Berkumpul yang bagaimana yang dimaksud ? apa saja yang harus dilakukan ketika berkumpul dengan orang saleh ? apa hak dan kewajiban kita sebagai orang yang berkumpul dengan orang saleh ? bagaimana adabnya ? semua itu bisa diketahui dengan mengaji. Jadi intinya ya harus MENGAJI.

Kaping Papat Wetenge Kudu Kang Luwe

     Perutnya harus lapar. Maksudnya gimana ? ya Puasa. Bagaimana puasa itu ? apa saja syaratnya ? apa saja hal hal yang berkaitan dengan puasa ? apa saja macamnya puasa itu ? bagaimana niatnya ? semua itu bisa kita ketahui melalui mengaji. Jadi intinya ya MENGAJI.

 

 

Kaping Limo Dzikir Wengi Ingkang Suwe

     Dzikir Malam yang lama. Dzikir nya yang bagaimana ? Dzikir itu ada berapa macam ? apakah Dzikir yang umum yang ma’tsur dari Nabi SAW atau Dzikir yang memerlukan tatacara khusus dibawah bimbingan seorang guru ? apakah dzikir itu selamanya dengan cara menetap di suatu tempat sambil membaca baca sesuatu ? semua itu bisa kita ketahui dengan mengaji. Jadi intinya ya MENGAJI.

Akhirnya , kesimpulan dari saya, bahwa yaitu “ TOMBONE ATI KUI YO NGAJI “ yang artinya “ OBAT HATI YA DENGAN MENGAJI “ terbukti kan ? semoga mencerahkan ! dan, Selamat Merenungkan !

Leave a Reply

%d bloggers like this: