MENGENAL SALAH SATU SAHABAT YANG DIJAMIN MASUK SURGA : ABU BAKAR AS-SIDDIQ

Ada 2 perkara yang mana tiada yang lebih utama darinya yaitu, beriman kepada Allah dan bermanfaat kepada umat Islam. Maka dari itu, nikmat yang paling besar adalah nikmat Iman, oleh karenanya sungguh beruntunglah orang yang mendapatkan kenikmatan ini. Nikmat Iman ini harus disyukuri, dan diantara cara mensyukurinya adalah dengan patuh pada norma-norma yang telah digariskan. Dulu di permulaan adanya Islam, orang menjadi muslim itu dianggap sebuah hal yang tabu karena agama ini datang dengan mengubah 180 derajat keyakinan masyarakat, padahal hanya agama inilah yang diridhai oleh Tuhan semesta alam, Allah Azza Wa Jalla.

Ada perbedaan pendapat di kalangan sejarawan mengenai siapa yang terlebih dahulu masuk Islam, maka dari itu Imam Abu Hanifah itu mengkompromikan perbedaan pendapat ini dengan merumuskan bahwasanya Di antara orang-orang yang awal mula masuk Islam dari kalangan laki-laki dewasa adalah Abu Bakar As Siddiq, dan dari kalangan anak kecil itu adalah Sayyidina Ali Karramallahu wajhah, dari kalangan wanita dewasa itu Sayyidah Khadijah Al-kubra, dari kalangan Mawali atau Hamba sahaya itu adalah Zaid Bin Haritsah, dari kalangan Raqiq Atau Budak  itu Bilal Bin Rabbah. Mereka semuanya yang masuk Islam di masa permulaan itu disebut dengan As-sabiqun Al-awwalun, Adapun jumlah keseluruhan dari para As-sabiqun Al-awwalun Versi Imam Adz-dzahabi itu ada 50 )dalam cetakan Muassasah Ar-risalah, ada komentar dari Muhaqqiq – Syu’aib Al-arnaut- bahwasanya perlu ada kajian ulang, sebab Imam Adz-dzahabi itu menyebutkan jumlahnya itu 50 orang namun beliau menyebutkan 51 nama). Dan dalam pembahasan ini, penulis akan fokus pada orang yang masuk Islam dari kalangan laki-laki dewasa, yakni Abu Bakar As-siddiq.

  1. Nasab

Dalam tradisi Arab nama seseorang itu ada 3 macam, yaitu Nama Asma’ (nama asli), Kunyah (nama yang dinisbatkan pada ayah, ibu atau anak) dan Laqab (julukan). Jadi nama yang dikenal masyarakat umum itu bukanlah nama aslinya Abu Bakar, melainkan itu adalah nama Kunyah. Menurut Ali At-thantawi, Bakar adalah term yang bermakna unta muda, dan orang Arab menamainya dengan Bakar itu adalah karena beliau menjadi Abu Qabilah, yakni Ayah (kepala) suku yang agung. Adapun nama asli beliau adalah Abdullah (Asma’ atau Namanya Abu Bakar) bin Utsman (beliau mempunyai nama kunyah Abu Quhafah) Bin Amir bin ‘Amr bin Ka’ab Bin Sa’ad Bin Taym bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihir bin Malik. Adapun nama ibunya adalah Salma (Kunyahnya itu Ummul Khair) binti Sakhr bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin taym bin murrah, jadi nasabnya Abu Bakar itu bertemu dengan Rasulullah SAW di kakek yang bernama Murrah.

Dulu di masa jahiliyah, nama Abu Bakar itu adalah Abdul Ka’bah namun ketika ia masuk Islam, Nabi mengganti namanya dengan Abdullah. Nabi memberinya 2 Julukan (Laqab) yaitu ‘Atiq (Karena parasnya yang rupawan dan juga karena Abu Bakar itu merdeka (selamat) dari api ketika kecil) dan As-siddiq (Karena Abu Bakar itu adalah orang yang jujur dan beliaulah orang yang mempercayai bahwasanya Nabi itu melakukan suatu hal yang di luar nalar, yaitu Isra’ Miraj), Abu Bakar lahir di Mekkah pasca tahun gajah, selang 2 tahun 1 bulan.

  1. Karakter fisik dan Akhlaknya

Sayyidah Aisyah RA pernah ditanya mengenai ciri-ciri fisik ayahnya, maka beliau menjawab, “Ayahku berkulit putih, kurus, tipis kedua pelipisnya, kecil pinggangnya (sehingga kainnya selalu turun dari pinggangnya), wajahnya seialu berkeringat, hitam matanya, berkening lebar”. Adapun akhlaknya, beliau itu terkenal dengan kebaikan, keberanian, kokoh pendirian, seialu memiliki ide-ide yang cemerlang dalam keadaan genting, toleransi, penyabar, memiliki azimah (keinginan keras), paling mengerti dengan garis keturunan Arab dan berita-berita mereka, sangat bertawakkal kepada Allah dan yakin dengan segala janjiNya, bersifat wara’ dan jauh dari segala syubhat, zuhud terhadap dunia, selalu mengharapkan apa-apa yang lebih baik di sisi Allah, serta lembut dan ramah.

  1. Istri dan anak

Ketika era jahiliah, Abu Bakar itu menikah dengan perempuan yang bernama Qutailah binti Abdul Uzza, darinya Abu Bakar punya anak laki-laki dan perempuan yang bernama Abdullah Bin Abu Bakar dan Asma’ binti Abu Bakar. Kemudian beliau juga menikah dengan Ummu Ruman bin Amir, dan darinya Abu Bakar punya anak laki-laki dan perempuan juga yang bernama Abdur Rahman dan Aisyah Binti Abu Bakar. Keduanya itu merupakan istrinya Abu Bakar di era jahiliyah, dan di era Islamiyyah Abu Bakar itu juga menikah dengan Asma’ binti Umais, darinya Abu Bakar punya anak yang bernama Muhammad. Kemudian Abu Bakar itu menikah lagi dengan Habibah binti Kharijah.

  1. Masa Muallaf dan Jasanya pada Islam

Sayyid Ali At-thantawi menuliskan komentarnya Rasulullah SAW mengenai masuk Islamnya Abu Bakar, beliau bersabda, “Tidaklah aku mendakwahi seseorang untuk masuk Islam, kecuali dia itu masih ragu dan bingung. Namun Hal yang demikian itu tidak berlaku bagi Abu Bakar as-siddiq, ia masuk Islam tanpa adanya keraguan sedikitpun”. Adapun mengenai kisah muallafnya Abu Bakar, berikut adalah keterangan yang ada di kitab Tarikh Dimasyq.

ثنا أبو مسهر ثنا الوليد بن مسلم عن سعيد بن عبد العزيز عن ربيعة عن كعب قال كان إسلام أبي بكر الصديق شبيها بوحي من السماء وذلك أنه كان تاجرا بالشام فرأى رؤيا فقصها على بحير الراهب فقال له من أين أنت قال من مكة قال من أيها قال من قريش قال فأيش أنت قال تاجر قال صدق الله رؤياك سيبعث نبي من قومك تكون وزيره في حياته وخليفته بعد موته فأسر أبو بكر حتى بعث النبي ( صلى الله عليه وسلم ) فجاءه فقال يا محمد ما الدليل على ما تدعي قال الرؤيا التي رأيت بالشام فعانقه وقبل عينيه فقال أشهد أن لا إله إلا الله واشهد أنك رسول الله.

Alasan masuk Islamnya Abu Bakar As-siddiq adalah adanya semacam ilham dari Allah azza wa jalla. Ketika berdagang di Syam Abu Bakar bermimpi, maka beliau menceritakannya kepada Rahib Buhaira, maka beliau ditanya asalnya dari mana, dari kabilah apa, apa pekerjaannya maka Abu Bakar pun menjawabnya bahwasanya beliau berasal dari Mekkah, Kabilah Quraisy yang berprofesi sebagai pedagang. Syahdan sang Rahib pun membenarkan mimpinya, Allah memang akan mengutus seorang nabi dari kaum Quraisy. Abu Bakar akan menjadi Wazir (Pembantu) ketika nabi itu hidup, dan ketika Nabi itu Wafat maka Abu Bakar lah yang akan menggantikannya. Setelah mendengar ucapannya Rahib, maka Abu Bakar bergegas pulang menuju Mekkah, beliau langsung menemui Nabi Muhammad SAW seraya bertanya “Wahai Muhammad, Apa bukti bahwasanya pengakuanmu sebagai nabi itu benar”  Rasulullah pun menjawab “Buktinya adalah mimpi yang kau lihat di Syam” maka Abu Bakar pun langsung memeluknya seraya mencium kedua matanya kemudian Abu Bakar bersyahadat.

Sedari dulu Abu Bakar As-siddiq itu terkenal sebagai saudagar yang kaya raya, Syahdan ketika masuk Islam beliau itu menginfakkan hartanya yang berjumlah 40.000 dirham (Kurs sekarang dari United Arab Emirates Rp, 156,987,607.92) dan ketika datang ke Madinah beliau juga menginfakkan hartanya yang berjumlah 5.000 dirham (Kurs sekarang dari United Arab Emirates Rp, 19,623,450.99). ada banyak Akabir As-shahabah (Pentolannya Sahabat) yang masuk Islam melalui tangan dinginnya dalam berdakwah, di antaranya adalah Utsman bin affan, Zubair bin Awwam, Abdur rahman bin auf, sa’ad bin abi waqqash, Talhah bin ‘ubaidillah. Dan diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah bahwasanya ketika Abu Bakar masuk Islam itu beliau menampakkan keislamannya kepada khalayak, bahkan beliau itu berdakwah dari pintu rumah satu ke pintu rumah yang lain. Beliau mengajak pertama kali mengajak Utsman, Talhah, Zubair dan Sa’ad, kemudian besoknya beliau mengajak Utsman bin Maghthun, Abu Ubaidah, Abdur rahman, Abi salmah dan Arqam. Atas jerih payahnya dalam berdakwah, mereka semuanya itu mau masuk Islam.

Abu Bakar sangatlah royal, ketika beliau berjalan dan melihat budak sedang disiksa karena mempertahankan agama Islam, maka spontan saja beliau membelinya kemudian beliau merdekakan (dengan niatan mencari ridhanya Allah SWT), diantara budak yang dimerdekakan beliau adalah : Bilal bin Rabbah, Amir bin Fuhairah, Ziniyyarah, Ummu Ubais, Nahdiyyah beserta putrinya dan Jariyah Ibnu Amr. Abu Bakar juga pernah mengabdikan dirinya sebagai Khalifah selama 2 tahun lebih, meski jabatannya relatif singkat, jasanya pada Islam sangatlah besar antara lain : Menumpas kaum murtad (yang sengaja merong-rong dan merusak Islam). Menumpas kaum pembangkang dan penyeleweng (baik orang-orang yang tak mau membayar zakat maupun orang-orang atau kelompok pendukung nabi palsu). Mengumpulkan (membukukan) Al-Qur’an yang kemudian disebut mushaf. Menyatukan wilayah Arab di bawah panji-panji Islam dan memantapkan stabilitas yang dinamik bagi pemantapan Islam dalam negri, kemudian membuat baitul mal (Kas negara).

Dikatakan bahwasanya di awal mula menjadi Khalifah, Abu Bakar As-siddiq itu enggan menerima gaji. beliau sengaja tidak mau mengambil gajinya meskipun ia berhak, namun setelah adanya paksaan dari para Sahabat maka beliau mau mengambil gajinya, akan tetapi ketika menjelang wafat, beliau mengembalikan semua gajinya kepada baitul mal agar bisa dimanfaatkan oleh kaum muslimin. Alangkah baiknya beliau, maka tak mengherankan jika beliau itu masuk dalam jajaran orang-orang yang mendapatkan jaminan surga. Adapun orang yang mendapatkan jaminan surga itu ada 10 yaitu ; Abu Bakar, Umar Bin Khattab, Utsman Bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah, Zubair, Sa’ad bin Abi waqqash, Sa’id bin zaid, Abdur rahman bin Auf dan Abu ubaidah.

  1. Wafat

Sayyidah Aisyah RA berkata bahwasanaya,“ Awal mula Abu Bakar As-siddiq sakit itu adalah dikarenakan beliau itu mandi di hari yang sangat dingin, maka beliau itu demam selama 15 hari, maka tak lama beliau itu wafat”, Abu Bakar wafat pada hari senin bulan Jumadil Akhir tahun 13 hijriah, beliau tutup usia pada umur 63 tahun. beliau meninggal di waktu antara maghrib dan isya’ dan Beliau dikebumikan di samping Rasulullah SAW (namun posisinya itu berada dibawah Bahunya Rasulullah SAW, Jadi tidak sejajar) sesuai wasiatnya yang disampaikan kepada putrinya, Sayyidah Aisyah. Demikianlah sekelumit kisah Amirul Mukminin Abu Bakar As-siddiq, semoga kita bisa meneladani kisah beliau, Amin ya robbal Alamin.

 

Oleh: Ahmad Hidhir Adib

Leave a Reply

%d bloggers like this: