Petuah KH. Husein Ilyas Mojokerto

Husein Ilyas adalah kiai sepuh jawa Timur yang tidak diragukan kealiman dan kezuhudannya. Beliau merupakan Rais Syuriah PC NU Kabupaten Mojokerto. Dalam berbagai kesempatan mauidhoh hasanah, KH. Husein Ilyas selalu berpesan kepada masyarakat pada tiga hal yaitu As Shofa, Al Wafa dan Al Jafa.

As Shofa, menurut kiai Husein Ilyas memiliki arti belajar membersihkan hati dan Mencintai semua hal-hal yang baik. Hal tersebut dapat dicapai ketika kita tolabul ilmi, mengerti mana yang benarr dan mana yang kurang benar.

Baca Juga: Dawuh KH. Aziz mansur Yang Sekarang Terbukti

Al Wafa, harus memiliki komitmen kejujuran terhadap diri sendiri. Mengatakan ‘iya” jika iya, dan mengatakan “tidak” jika memang tidak. Tidak boleh menjadi seorang yang munafik, karena akan berdampak dan berbalik kepada diri sendiri.

Baca Juga: Keteladanan Gus Sholah: Indonesia dan Islam

Yang ketiga adalah Al Jafa, di caci tidak tumbang di puji tidak terbang. Maksudnya yaitu kita sebagai hamba Allah harus mengedepankan sifat tawadhuk. Tidak perlu terlalu bahagia ketika dipuji oleh sesama, dan tidak perlu terlalu sedih ketika dicaci oleh orang lain.

Oleh: Muhammad Fathurrozaq

Leave a Reply

%d bloggers like this: