Semarakkan Hari Santri Nasional, KKN UIN Walisongo laksanakan Ngaji bareng di Pondok Pesantren

Momen Hari Santri yang jatuh tanggal 22 Oktober kemarin menjadi momentum penting untuk santri seluruh Indonesia, tak terkecuali bagi tim KKN Kelompok 24 UIN walisongo Semarang. Dalam semarakkan momentum Hari santri yang ke-6 ini, tim KKN UIN Walisongo Kelompok 24 yang berlokasi di Jepara laksanakan Ngaji bareng di Pondok Pesantren Al-Muniroh Bandungharjo Jepara.

Menurut penuturan Sofiatun yang menjadi salah satu anggota di devisi program, alasan dilaksanakan acara ini adalah yang pertama Tim KKN ikut berkontribusi dalam memeriahkan hari Santri, dan yang kedua esensi nyantri benar-benar dapat dirasakan melalui program “Ngaos Sareng Abah” atau ngaji bareng denga pengasuh pondok adalah praktik nyata menjadi seorang santri. Sehingga manfaatnya, bagi anggota tim kkn yang belum pernah merasakan nyantri di pesantren dapat merasakannya.

Seperti yang dituturkan oleh Fauchana, salah satu anggota tim kkn yang ikut serta dalam acara ini mengatakan “Saya tidak pernah mondok sebelumnya, dan melalui program ini saya benar-benar merasakan menjadi seorang santri walau hanya sebentar. Saya menjadi tahu bagaimana rasanya ngaji bareng kyai pondok dan teman-teman santri lainnya. Selain itu saya juga ikut menginap di pesantren, merasakan bagaimana tidur di pesantren ala santri, antri kamar mandi ala santri, memakai sarung ala santri, dan ikut upacara hari santri di pondok pesantren. Ini benar-benar menyenangkan”.

Selain ngaji bareng di pondok pesantren yang menjadi acara puncak di hari santri, mahasiswa kkn juga memeriahkan dengan menyelenggarakan lomba-lomba di hari sebelumnya untuk santri pondok yaitu lomba ceramah, lomba puisi berantai, lomba drama dan fashion show serta mengikuti upacara hari santri di pagi harinya

Menurut Sofiatun alasan dipilihnya Pondok Pesantren Al-Muniroh menjadi lokasi diselenggarakannya acara adalah Pondok Pesantren ini jarang mendapat kunjungan dari pihak-pihak kampus sehingga diharapkan visi utama pengabdian kkn bisa benar-benar dirasakan di masyarakat.

Program ngaji bareng yang dinamakan “Ngaos Sareng Abah” ini dilaksanakan pada malam hari bertepatan pada hari Santri 22 Oktober 2020. Acara ini dilakukan secara offline dengan ngaji bareng bersama K. H. M. Rofiq Malik selaku Pengasuh Pondok Al-Muniroh Bandungharjo Jepara.

Acara ini dimulai pada jam 19.30 diikuti oleh seluruh santri pondok dan mahasiswa KKN. Acara ini juga disiarkan langsung secara online melalui akun instagram kelompok kkn 24 UIN Walisongo Semarang.

Dalam ngajinya Abah K. H. M. Rofiq Malik menjelasakan tentang salah satu pasal dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Al-Ghazali tentang Keutamaan orang yang berilmu. Dalam acara ngaji dijelasakan bagaimana Allah berfirman tentang utamanya seorang yang berilmu, syarat-sayarat mencari ilmu,hakikat ilmu, lengkap dengan bahaya dan penyakitnya orang yang berilmu. Acara ini sukses diikuti secara khusyu’ oleh seluruh santri dan tim kkn dari awal sampai selesai acara pada pukul 20.30 WIB.

Lailatul Infarokah, salah satu santri pondok mengaku senang dengan kehadiran tim kkn karena menurutnya dalam momen ini antara santri dan tim kkn bisa saling berbagi ilmu dan wawasan.

Dari pihak pengurus pondok sendiri , M. Ali Shihab selaku ketua pondok mengucapkan banyak terimakasih kepada tim kkn atas terselenggaranya acara ini, dan menurut Lukman Arif wakilnya baru kali ini acara hari santri di pesantren dapat dilaksanakan secara meriah, sukses dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kepada pihak KKN ketika dimintai tanggapan, dari pihak “ndalem” sendiri, Ning Ni’ma Diana menuturkan kegiatan ini menjadi kegiatan yang positif sekali, karena melalui acara-acara seperti lomba yang diselenggarakan dapat menjadi bahan pembelajaran dalam memberikan mental kedisiplinan, kreativitas, dan  ketepatan waktu bagi santri pondok, dan berharap untuk kedepannya dapat kembali dilaksanakan acara-acara seperti ini dari pihak kampus ke pesantren.

Pewarta: Fauchana Zahrotul Ainun Nafis dan Sofiatun

editor : M. Fathurrozaq

Leave a Reply

%d bloggers like this: