Kendalikan Stress Akibat Virus Corona

Wabah virus corona menjadi perbincangan publik hingga hari ini. Pasalnya, jumlah kasus di Indonesia terus meningkat. Peningkatan kasus virus korona dapat mengakibatkan stres sehingga timbul rasa panik, takut, bingung, sedih, dan marah. Oleh karena itu pengendalian stres penting dilakukan.

Bagaimana caranya?

Menurut World Health Organization (WHO), pengendalian stres dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Komunikasi

Berkomunikasi dengan orang terpercaya seperti keluarga dan teman dekat dapat membantu mengendalikan stres.

  • Gaya hidup sehat

Jika harus berada di rumah, menerapkan diet tepat, istirahat cukup, dan olahraga teratur dapat membantu mengendalikan stres dan meningkatkan imunitas tubuh.

  • Hindari rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang

Penggunaan rokok, alkohol, dan obat-obatan untuk menenangkan stres sangat tidak disarankan. Konsumsi rokok menimbulkan resiko terjadinya infeksi paru-paru seperti brokitis dan pneumonia. Perokok sekaligus pecandu alkohol memiliki resiko lebih besar untuk mengalami infeksi paru-paru. Sedangkan obat-obatan terlarang dapat menurunkan imunitas tubuh. Konsumsi rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang juga dapat menimbulkan komplikasi lainnya sehingga perlu dikurangi, bahkan dihindari. Jika perlu, sebaiknya konsultasi kepada tenaga kesehatan atau konselor untuk menjaga kesehatan fisik dan mental ditengah wabah virus corona.

  • Informasi tepat

Informasi mengenai langkah-langkah pencegahan yang tepat dari sumber terpercaya sangat diperlukan, seperti web resmi WHO, badan kesehatan publik, dan media informasi terpercaya lainnya.

  • Batasi konsumsi berita

Update informasi sangat diperlukan. Namun, jika menonton dan menyimak liputan media tertentu dapat menimbulkan rasa panik dan jengkel, maka anda perlu berhenti mengkonsumsi berita tersebut.

  • Skill pengendalian stres

Masing-masing orang memiliki skill pengendalian stres yang berbeda-beda berdasarkan pengalaman masa lalu. Anda dapat menggunakan skill tersebut untuk mengendalikan stres akibat wabah virus corona ini.

bacaan PDF disini = coping-with-stress

Leave a Reply

%d bloggers like this: