Dunia IslamRedaksi

Bolehkah Wanita Haid Memegang Al-Quran?

Salah satu larangan bagi Wanita yang sedang haid adalah membaca Al-Quran, lantas bagaimana hukum seorang Wanita yang hendak memegang Al-Quran dengan maksud atau tujuan tertentu?

Dikutip dari materi Uyunul Masaail Linnisa’ ada beberapa perbedaan pendapat Ulama Fikih mengenai menyentuh/membawa Al-Quran bagi orang Haid :

Haram

• Haram memegang mushaf Al-Quran. Yang dimaksud Al-Quran adalah Al-Quran murni atau terjemahan Al-Quran.

أما ترجمة المصحف المكتوبة تحت سطوره فلا تعطي حكم التفسير بل تبقى للمصحف حرمة مسه وحمله كما أفتى به السيد أحمد دحلان حتى قال بعضهم إن كتابة ترجمة المصحف حرام مطلقا سواء كانت تحته أم لا فحينئذ ينبغي أن يكتب بعد المصحف تفسيره بالعربية ثم يكتب ترجمة ذلك التفسير

(Nihaayah Azzain I/33).

• Al-Quran terjemahan yang beredar saat ini, seperti Al-Quran terjemah bahasa Indonesia, sejatinya tergolong tafsir makna Al-Quran. Sehingga hukum menyentuhnya adalah sama dengan memegang tafsir Al-Quran. Sebagaimana penjelasan Syekh Ismail Zain dalam fatwanya:

أَنَّ تَرْجَمَةَ الْقُرْآنِ ذَاتِهِ لَا تَجُوْزُ فَإِنْ كَانَتِ التَّرْجَمَةُ لِمَعْنَاهُ فَهِيَ كَالتَّفْسِيْرِ فَلَهَا حِيْنَئِذٍ حُكْمُ التَّفْسِيْرِ فَإِنْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنَ الْقُرْآنِ اَلْفَاظًا جَازَ لِلْمُحْدِثِ حَمْلُهَا مَعَ الْقُرْآنِ وَكَذَلِكَ اِنْ كَانَتْ مُسَاوِيَةً فَإِنْ كَانَتْ أَقَلَّ مِنْ اَلْفَاظِ الْقُرْآنِ فَلَا يَجُوْزُ لِلْمُحْدِثِ مَسُّهَا وَلَا حَمْلُهَا

Baca juga: Perempuan Haid Dilarang Memegang Al-Quran, Ini Dalilnya

• Haram membawa serta memegang tulisan Al-Quran untuk dibaca meskipun hanya sebagian ayat. Seperti halnya yang berupa apapun menurut pendapat yang paling shahih karena ia seperti mushaf.

( و ) حمل ومس ( ما كتب لدرس قرآن ) ولو بعض آية ( كلوح فى الأصح ) لأنه كالمصحف وظاهر قولهم بعض آية أن نحو الحرف كاف وفيه بعد بل ينبغى فى ذلك البعض كونه جملة مفيدة

Tuhfah al-Muhtaaj I/149

Makruh

• Makruh membawa dan memegang Tafsir yang jumlahnya melebihi tulisan Qurannya bila tidak maka haram.

( مسألة ى ) يكره حمل التفسير ومسه إن زاد على القرآن وإلا حرم

• Memegang/membawa Al-Quran bagi wanita haid haram hukumnya kecuali saat ia menghawatirkan tersia-siakannya Al-Quran

( والرابع مس المصحف ) وهو اسم للمكتوب من كلام الله بين الدفتين ( وحمله ) إلا إذا خافت عليه ( قوله وهو ) أى المصحف وقوله اسم للمكتوب من كلام الله بين الدفتين أى بين دفتى المصحف وهذا التفسير ليس مرادا هنا وإنما المراد به هنا كل ما كتب عليه قرآن لدراسته ولو عمودا أو لوحا أو نحوهما الى أن قال …. والعبرة بقصد الكاتب إن كان يكتب لنفسه وإلا فقصد الآمر أو المستأجر

Haasyiyah al-Baajuri I/117

Mubah atau Boleh

• Apabila seseorang ragu mengenai perbandingan jumlah huruf antara terjemahan makna Al-Quran dan huruf Al-Qurannya, maka tetap boleh menurut Imam Ibn Hajar. Sebagaimana ungkapan Sayyid Abi Bakar bin Muhammad Satho ad-Dimyathi:

وَجَرَى ابْنُ حَجَرَ عَلَى حِلِّهِ مَعَ الشَّكِّ فِي الْأَكْثَرِيَّةِ أَوِ الْمُسَاوَاةِ، وَقَالَ: لِعَدَمِ تَحَقُّقِ الْمَانِعِ وَهُوَ الْاِسْتِوَاءُ.

• Menurut mayoritas ahli fikih, membawa Al-Quran adalah boleh jika beserta dengan benda lain, meskipun hanya sebuah jarum kecil. Asalkan berniat membawa benda yang menyertai Al-Quran. Bukan berniat membawa Al-Quran atau berniat membawa keduanya sekaligus.

[مسألة]: لَا يَحِلُّ حَمْلُ قُرْآنٍ وَمَتَاعٍ بِقَصْدِهِمَا (تحفة) وَيَحِلُّ عِنْدَ (م ر)

Baca juga: Pengaruh Qashas Al-Quran dalam Pendidikan

• Hukum membawa buku-buku TPA seperti IQRO’, QIRAATI, DIROSATI, TARTILI, dan sejenisnya bagi wanita yang sedang haid adalah boleh (tidak haram). Hal ini karena penyusunan dari buku-buku tersebut untuk belajar/mengajar Al-Quran.

Kesimpulan

Dari penjelasan ini boleh wanita haid memegang Al-Quran dengan menyesuaikan kategori hukum yang telah ada di atas. Hukum-hukum tersebut telah disepakati oleh ulama sebagai bentuk kehati-hatian terhadap hukum asal memegang Al-Quran yaitu لَّا يَمَسُّهٗٓ اِلَّا الْمُطَهَّرُوْنَ.

Penulis: Zaidatur Rizqiyah

Editor: Bella Fadhilatus Sanah

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *